Modifikasi Motor Yamaha Force 1

Kunci utama dari modifikasi motor Yamaha force 1 adalah pada bagian exhaust dan lubang buang yang di babat lebih tinggi.  Hal ini bertujuan agar mesin mapu menghasilkan performa yang lebih tinggi. Bibir atas lubang buang yang di buat jauh lebih tinggi menjadi 26 mm dengan lebar sekitar 38 mm membuat mesin dapat bernafas lebih panjang di putaran atas. Modifikasi motor untuk katub buluh atau yang lebih di kenal dengan valve di ambilkan dari milik yamaha RX Z. Konsumsi bahan bakar yang menggunakan bensol dan udara yang di pasok part pengabut venturi menjadi besar yaitu di pakai dari merek Mikuni TMX 35 mm dan di dukung oleh main jet 340 dengan pilot jet sekitar 45. Modifikasi motor yamaha Force 1 cukup simple dan tidak rumit.

Modifikasi Motor Yamaha Force 1
Kepala silinder merupakan salah satu penentu kinerja engine dapat lebih tangguh, karena itu head silinder standar di papas selebar 2 mm dengan sudut quish yang di buat ulang menjadi 13 derajad dengan lebar sekitar 7mm. Dengan perubahan yang di lakuakan tersebut mengakibatkan volume ruang bakar menjadi 8,7 cc. Kompresi mesin yang di hasilkan juga mencapai 7,5 : 1.  Untuk menyeimbangkan kompresi mesin yang di miliki maka perbandingan bensol dan oli campur motul 800 yang di perlukan yaitu sekitar 1 liter banding 45 ml. Modifikasi motor juga di lakuakn pada bagian gigi rasio untuk dapat menyesuaikan power yang di miliki oleh yamaha force 1 tersebut. Mulai dari gigi 1 hingga 4 di ganti dengan menggunakan paduan gear close ratio. Gigi 1 mengandalkan 14/30 ( 2,142), gigi 11 mengandalkan 18/26 (1,444) dan gigi 111 mengandalkan 20/24 (1,2) seang gigi yang terakhir yaitu gigi 1V mengandalkan perbandingan 22/23 ( 1,045 ).

Knalpot sebagai saluran buang yang asli di ganti dengan mengaplikasikan tabung knalpot milik Yamah YZ85. Leher knalpot milik special engine ini di buat memuta terlebih dahulu dengan posisi leher berada tepat di bawah mesin. Hal ini di lakukan agar dapat sesuai dengan rangka dan dimensi pada Yamaha force 1. Pada bagian pengapian di ambilkan dari milik YZ85. 

Mulai dari magnet hingga koil yang di aplikasikan dengan SE85 terbukti cukup tangguh dan ganas. Data modifikasi motor untuk merombak Yamah Force 1 antara lain : Ban depan pada yamah Force 1 di ganti dan di ambilkan dari milik Swallow 70/100-19 untuk bagian depan dan bagian belakang menggunakan Swallow yang berukuran sekitar 90/100-16. Gas spontan di ambilkan dari Yamaha YZ85. Sok bagian belakang di gunakan dari milik Kayaba merah dan sok bagian depan di gunakan dari merek Yamaha YZ85.
Modifikasi Motor Yamaha Force 1 | admin | 4.5

Leave a Reply