Modifikasi motor Harley Yunior Bermesin Honda GL-PRO Nuansa Moge

Untuk mendapatkan motor idaman seringkali kita melakukan sedikit modifikasi motor atau kendaraan kita agar menyerupai motor idaman atau kendaraan yang kita ingin – inginkan dan tentu saja tanpa menguras kantong. Berikut akan sedikit kami ulas bagaimana melakukan modifikasi motor untuk Honda GL-PRO agar bisa bernuansa Harley.

motor Harley Yunior Bermesin Honda GL-PRO Nuansa Moge
Langkah-langkah yang di tempuh antara lain :
  1. Bodi atau casis yang terdapat di bawah jok di potong dan di rendahkan. Pemotongan panjang casis kira-kira sepanjang 20 cm, kemudian pipa casis di ganti dengan ukuran yang lebih tebal agar menjadi lebih kuat dan mantap.
  2. Perubahan kom stir dan garpu roda depan terjadi dari 30  derajat menjadi 45 derajat akibat dari penurunan dan pemotongan casis bagian belakang. Perubahan pada bagian kom stir ini di lakukan dengan pengelasan dan ketelitian menjadi lebih kuat.
  3. Foot step/pijakan kaki depan di rubah tempat dan posisinya pada dudukan bawah blok mesin bagian depan. Bahan yang di pakai untuk pijakan kaki adalah dari bahan besi beton dengan diameter 12 mm.
  4. Sistem pengereman roda belakang di ubah menjadi model kabel tuas presneling dan di pasang pada bagian pijakan kaki yang baru. Swing arm/lengan ayun roda belakang mengalami perubahan di perpanjang 8 cm dari 45 cm menjadi 53 cm. Lebar ayun belakang juga mengalami perubahan dari 25 cm menjadi 31 cm.
  5. Lingkar pelek roda belakang memakai pelek fiat 1100. Masih tetap memakai tromol yang lama dengan cara memotong jari0jari roda lama. Untuk keperluan roda belakang di pasang ban dari Suzuki Carry.
  6. Suspensi roda depan di perpanjang 15 cm dan di perkuat dengan penguat yang berfungsi sebagai peredam kejut. Pemasangan peredam kejut ini merubah posisi segitiga stir dengan cara di buat lebih kuat dan lebar. Peredam kejut ini dapat berayun sejauh 5 cm.
  7. Tangki bahan bakar yang terpasang di buat dari bahan drum bekas minyak meniru model dari motor harley yang di lengkapi tutup tangki dan asesori dari motor harley.
  8. Sepatbor depan dan belakang di buat model baru di sesuaikan dengan bentuk dan ukuran roda depan dan roda belakang terbuat dari bahan drum bekas. Lampu depan di pasang bentuk bulat di lengkapi dengan pelindung topi yang di lapisi dengan pernikel . Untuk lampu belakang , kedok di pakai dari bekas knalpot Honda CB 100yang di susun rapi.
  9. Lampu sein memakai lampu sein Honda Cb 100 berbentuk bulat. Lampu sein belakang di pasang pada spatbor sejajar dengan posisi lampu belakang. Saluran buang knalpot di buat 2 saluran dengan ikatan baut tambahan. Posisi knalpot di buat melingkari blok mesin agar mudah dalam melakukan pembongkaran dan pemasangan.
  10. Jok tempat duduk di buat ulang menyesuaikan bentuk bodi. Tempat duduk di buat bertingkat di lapis dengan kulit osKar. Stang kemudi di ganti dengan ukuran yang lebih lebar dan tinggi menyerupai milik stang harley.
  11. Suspensi peredam kejut roda belakang per spiral dari motor Yamaha DT dengan pemotongan sepanjang 5 cm, sedang tabung peredam kejut di ambil dari bekas motor kuno, untuk mempermanis tampilan kedua bagian ini di pernikel ulang.
  12. Tutup/cover samping kanan dan samping kiri di buat pula dari bahan drum bekas. Untuk mempercantik tampilan tutup ini di lapisi dengan pernikel sehingga tampak lebih mengkilat.
  13. Pada bagian mesin tidak mengalami banyak perubahan dan rombakan, namun untuk memperindah tampilan di lakukan poles ulang dengan pernikel. Pada bagian kerburator juga di poles ulang dengan pernikel.
  14. Modifikasi motor pada tahapan akhir di lakukan pada kabel kpoling dan selang rem depan di bungkus dengan karet bernuansa perak mengkilat.
Modifikasi motor Harley Yunior Bermesin Honda GL-PRO Nuansa Moge | admin | 4.5

Leave a Reply